Jumat, 19 November 2010

Tak Ada Aduan, Apa yang Mau Diperhatikan?

Anggota DPR Telantarkan TKW
Tak Ada Aduan, Apa yang Mau Diperhatikan?

JAKARTA, KOMPAS.com — Wajar kalau rombongan anggota Dewan yang sedang transit di bandara di Dubai tidak terlalu memerhatikan rombongan warga dan para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang juga mengalami penundaan penerbangan ke Tanah Air. Pasalnya, tidak ada komplain atau aduan yang sampai kepada mereka.
...kalau tidak ada aduan, ya apa yang mau diperhatikan?

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhidin Mohammad Said kepada Kompas.com, Jumat (19/11/2010). "Kita salah kalau mereka ditelantarkan. Kalau ada aduan, wajarlah kita harus memperhatikan hak-hak mereka. Tapi kalau tidak ada aduan, ya apa yang mau diperhatikan," tutur politisi Golkar ini.

Menurutnya, penundaan waktu penerbangan di Dubai seperti yang juga dialami rombongannya pula saat transit sepulangnya studi banding dari Italia sudah menjadi tanggung jawab penuh pihak penerbangan. Muhidin juga menilai pihak penerbangan telah memfasilitasi para penumpang tersebut dengan sangat baik. Jika memang ada rombongan TKI yang tidak mengerti prosedur dan juga mengalami kendala berbahasa, memang sangat disayangkan.

"Ya, TKI kita ini kan ya ampun.... Coba Anda lihat saja langsung ke sana. Kasihanlah... Dari sisi pendidikan terbatas, lalu masuk ke daerah atau kota maju, disangkanya semua dilayani dengan enak," tambahnya lagi.

Namun, Muhidin mengaku tidak boleh ada penghinaan atau pelecehan terhadap profesi TKI. Jika memang ada anggota Dewan yang juga dinilai telah melontarkan kata-kata yang bersifat menghina atau melecehkan, Muhidin meminta pihak yang mengadukan perilaku ini untuk menyebutkan nama anggota Dewan yang dimaksud secara terbuka. Dengan demikian, kisahnya tidak bersifat spekulatif.

http://nasional.kompas.com/ read/2010/11/19/14061586/ Tak.Ada.Aduan.. Apa.yang.Mau.Diperhatikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar